Senin, 18 Juli 2011

Johar Baru dan Pasar Rumput, Dua Wilayah Mirip Bronx Amerika

Sebenarnya, hampir tidak ada wilayah di Jakarta yang benar-benar bebas dari aksi tawuran. Namun, dari sejumlah lokasi titik rawan tawuran itu, dua wilayah yakni Johar Baru di Jakarta Pusat dan Pasar Rumput di Jakarta Selatan menempati peringkat teratas. Kedua wilayah ini belakangan dikenal menjadi semacam lokasi tawuran favorit.


JURU Bicara Pemprov DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia mencontohkan, bentrokan warga Menteng Tenggulun dengan warga Pasar Rumput beberapa waktu lalu sudah biasa terjadi. Bahkan, Cucu sangat yakin, hal itu takkan meluas ke daerah-daerah lain.

Menurutnya, sejak dulu di daerah itu sering terjadi tawuran, meski jarang diberitakan di media. Cucu juga mengakui bentrokan warga ini terjadi dari generasi ke generasi, sehingga tidak mudah mencari penyelesaiannya.

Tak aneh, bila bentrokan warga yang kerap terjadi di  Johar Baru dan Pasar Rumput, lantas diibaratkan Cucu mirip daerah Bronx di Amerika Serikat.

“Upaya mendamaikan sudah. Tapi di Johar dan Manggarai itu mirip daerah Bronx. Kita sudah mengupayakan persuasif. Dua-duanya sudah kita upayakan damai, kita berharap takkan ada lagi tawuran,” katanya.

Karena itu, lanjut Cucu, butuh kerjasama aparat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyelesaikan masalah ini. “Kami telah mengupayakan camat, lurah, wakil walikota dan polisi, bahkan kami sudah memasang CCTV, ini enggak mudah, ini masalah sosial,” katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Satpol PP DKI Effendi Anas menduga adanya provokator dalam kerusuhan yang sering terjadi di Pasar Rumput atau di Johar Baru. Menurut Effendi, dari pengakuan sejumlah saksi, para provokator itu didrop di sekitar sekelompok masyarakat yang sedang melakukan kegiatan dan mulai menghasut.

Karenanya, dia sangat berharap agar para pemuda di kawasan itu tidak mudah terprovokasi, sehingga menyebabkan terjadinya tawuran yang juga merusak sarana umum, seperti halte busway Transjakarta.

Sekadar diketahui, Bronx yang terletak di wilayah paling utara New York, Amerika, merupakan sebuah daerah padat penduduk. Parahnya, mayoritas penduduk di sana juga terbilang miskin. Dengan kata lain, Bronx adalah sebuah pemukiman kumuh yang menjadi tempat tinggal masyarakat kelas bawah.

Padatnya penduduk Bronx tidak terlepas dari sejarah masuknya imigran dari berbagai negara sejak abad 19 lalu. Bronx saat ini dihuni mayoritas imigran yang berasal dari Irlandia, Jerman, Yahudi, Italia, Afrika, dan Amerika Latin. Namun, akibat percampuran budaya di dalamnya, kerusuhan sosial alias tawuran juga menjadi langganan tetap di jalanan Bronx.

Ishak H Pardosi
http://monitorindonesia.com/?p=39152
http://monitorindonesia.com/?p=39138
http://monitorindonesia.com/?p=39143
http://monitorindonesia.com/?p=39156
http://monitorindonesia.com/?p=39147

Tidak ada komentar:

Posting Komentar